Langsung ke konten utama

Cara Membuat Harimu Menjadi Lebih Produktif

 

HOW TO MAKE YOUR DAILY PRODUCTIVE ROUTINE

 

            Terkadang meskipun terlihat sibuk dan mengerjakan sesuatu, rupanya ada banyak hal yang tidak produktif kita kerjakan. Apalagi di tengah situasi yang mengharuskan kita untuk tinggal di rumah sepanjang waktu. Rasa bosan dan bingung akan membuat kita semakin tidak menikmati hari-hari kita. Ada beberapa cara yang dapat membantumu untuk lebih produktif setiap hari. Let’s dive in!

            Bangunlah lebih pagi. Be morning people, benar-benar sangat sulit bagi mereka yang sudah terbiasa bangun siang karena situasi. Atau mungkin bangun pagi tetapi tidak melakukan apapun di pagi hari selain bersiap untuk berangkat kerja. Nah, mulai sekarang, biasakan untuk bangun lebih pagi satu jam dari biasanya.

            Buat To-Do-List. Setelah bangun pagi, coba buatlah daftar kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan di hari ini. Tulis semuanya dari mandi, makeup, memasak, breakfast, sampai nanti kamu akan tidur lagi. Jangan lupa untuk memasukkan list dokumen apa saja yang harus kamu persiapkan dalam pekerjaanmu. Data semua hal yang harus kamu kerjakan tanpa terkecuali. Lakukan setiap hari, bahkan di hari libur agar kamu terbiasa.

            Buat daftar makanan. Hal terpenting dalam kehidupan sehar-hari kita adalah makanan. Kadang, tanpa kita sadari kita jarang merencanakan makanan apa yang akan kita persiapkan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Tidak adanya rencana itu, membuat kita malas untuk berbelanja dan lebih buruknya lagi malas untuk memasak. Pilihan paling tepat adalah dengan membeli di restoran cepat saji. Padahal kita tahu bersama, makanan cepat saji dan instan benar-benar tidak baik bagi kesehatan. Selain menyebabkan obesitas, ada banyak penyakit yang dapat terjadi karenanya. Benar-benar menakutkan bukan? Mengapa kita tidak mencoba untuk memasukkan “Pola Hidup Sehat” dalam daftar sehari-hari kita? Selain bisa membantu kita melakukan diet pola hidup sehat, kita juga akan semakin pintar dalam memasak menu-menu sederhana.

            Membaca buku-buku pengembangan. Bagi sebagian besar orang yang tidak suka membaca, hal ini akan menjadi sesuatu yang menantang. Cobalah untuk membaca secara rutin, karena membaca akan membantu untuk mencegah demensia saat sudah berusia nantinya. Biasakan membaca minimal 2 bab perhari. Membaca buku-buku pengembangan akan memberi manfaat tersendiri, seperti bertambahnya pengetahun tentang suatu hal. Pilih topic pengembangan yang menarik. Jika kalian memiliki lebih banyak waktu luang, bisa juga diisi dengan membaca minimal 3 buku dengan judul berbeda dan baca 2 bab pada masing-masing buku. Lebih baik membaca per dua bab daripada satu buku utuh agar tidak menjadi bosan.

            Menonton video yang berhubungan dengan gaya hidupmu. Tontonlah video-video yang cukup bermanfaat dan dapat kamu tiru dalam beraktivitas. Ambil contoh video pola hidup sehat. Atau video gaya hidup minimalis, dan masih banyak lagi video pengembangan yang akan membuatmu lebih produktif.

            Dengarkan podcast. Hal ini bukan berarti kamu tidak boleh mendengarkan lagu. Hanya saja terkadang, lagu akan membuatmu berhenti melakukan sesuatu karena terlalu menikmatinya. Pilih podcast yang bermutu seperti 30 days for lunch untuk membantumu membuat ide-ide baru dan belajar pengalaman dari banyak orang. Kamu bisa meluangkan waktu di malam hari untuk mendengarkan lagu favoritmu jika kamu sangat menginginkannya.

            Lakukan pekerjaanmu dalam 30 menit sampai 1 jam. Adanya waktu yang terbatas akan membuat kita melakukan semua pekerjaan dengan cepat. Usahakan untuk fokus dan berkonsentrasi. Selesaikan apa yang sedang kamu kerjakan dalam waktu kurang dari waktu yang kamu tentukan. Hal ini tidak hanya berlaku ketika kamu sedang mengerjakan pekerjaan penting seperti mengerjakan dokumen-dokumen kantor, tetapi juga pekerjaan-pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, atau mencuci piring.

            Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat waktumu lebih produktif. Mudah-mudahan semua bisa membantu dan membuatmu semakin pintar dalam mengatur waktumu. Selamat mencoba.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah itu Hadiah?? Yg Bener Aja..

Siapapun kita, berapapun usia kita, apapun kepercayaan kita, dimanapun kita tinggal, semua orang pasti menyukai hadiah? Jika mendapat hadiah, pasti terlihat muka yg begitu bahagia apapun jenis hadiahnya, mau handmade ataupun barang beli. Apalagi jika hadiah itu berasa dari orang yg kita cintai. Kita akan sering memakainya. . Pertanyaaannya, apakah ketika mendapat masalah kita juga sesenang itu?? Kebanyakan dari kita atau mngkin hampir semua orang akan langsung mengelak. Seandainya hidup ngga ada masalah pasti seru yah? Yg kita hadapi hanya hadiah, hadiah dan hadiah saja. Pasti menjadi senang dan bersyukur adalah hal yg membosankan. Krn tiap hari kita senang dan tiap hari juga kita bahagia. Mana bagian tersulitnya?? Hidup menjadi lebih mudah. Bukankah begitu?? Sayangnya, semua ini hanya didasarkan dari bagaimana cara seseorang berpikir. Jika masalah selalu dianggap masalah mala dia akan tetap menjadi teka teki yg sulit dipecahkan. Namun, jika dia dianggap sebagai hadiah, perlahan kita

Nasib Sebatang Pohon

  Sebatang pohon besar diam mengamati pemandangan di sekitarnya. Ia melihat sepasang kekasih yang saling merayu dan tersipu. Ia pun menangis sedih dan bertanya dalam hatinya, “Seandainya aku ini manusia, pasti aku juga akan melakukan hal yang sama. Bulan begitu indah dan cerah. Mereka berduapun terlihat sangat romantis. Mengapa aku harus terlahir sebagai sebatang pohon yang hanya berdiri di tempat?” Melihat sang pohon yang bersedih itu, seekor burung gereja datang mendekat dan hinggap pada dahannya. “Ada apa pohon? Mengapa kamu bersedih? Apa yang kamu rasakan?”   “Aku ingin menjadi manusia. Aku ingin merasakan cinta layaknya sepasang kekasih yang duduk tepat di bawahku ini,” jawab sang pohon. Burung itu mengangguk dan bertanya, “Jika kamu sudah menjadi manusia, apakah kamu akan bahagia?” Sang pohon mengangguk, “Aku akan sangat bahagia. Aku tidak akan meminta hal lain dalam hidupku. Dapatkah kamu membantuku?” Burung gereja itu mengangguk dan berkata, “Baiklah. Kalau begitu pejamka